JV Green Color JV Gray Color JV Red Color
Indonesian Afrikaans Arabic Chinese (Simplified) Dutch English

Tolak Reklamasi, Forum Rakyat Bali Galang Aksi Solidaritas

PDFPrintE-mail

Sekelompok pemuda yang tergabung dalam Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi Teluk Benoa melakukan aksi di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (10/4/2016) pagi lalu.

Mereka menyebut aksi tersebut sebagai aksi solidaritas menyatakan penolakannya terhadap rencana reklamasi di Teluk Benoa.

Dalam aksinya, mereka menyerukan pencabutan Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 45 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Denpasar, Badung, Gianyar, dan Tabanan.

“Aksi solidaritas ini tidak hanya dilakukan di Jakarta, tetapi juga dilakukan di Bandung, Palangkaraya, Belitong, Makassar, di hari yang sama dan akan menyusul Bangka dan Yogyakarta,” ujar John Tirayoh dari Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi Teluk Benoa, Jakarta, Minggu (10/4/2016).

John juga mengungkapkan aksi solidaritas ini merupakan dukungan terhadap aksi-aksi yang telah dilaksanakan di Bali yang dipimpin oleh para ketua adat setempat.

Forum tersebut menggugat keberadaan Perpres tersebut karena melanggar semangat konstitusi yang meliputi dua hal, yakni perlindungan lingkungan hidup dan perlindungan terhadap masyarakat adat.

“Upaya reklamasi Teluk Benoa telah melalaikan dua hal yang saling terkait, Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2014 ini dilihat seperti telah memberikan jebakan bagi pemerintahan saat ini,” tandasnya.

PANTAUAN HOTSPOT INDOFIRE

Mitra Lembaga

WBH di Facebook

Statistik Website

  • Content View Hits : 5273547